Review Komik Agen Polisi 212 - Seluncur Es #23

        

Komik Agen Polisi 212 Seluncur Es adalah seri ke-23 dari komik Agen Polisi 212 yang ditulis oleh Raoul Cauvin. 


Satu Kalimat tentang Seluncur Es, Agen Polisi 212

Buku edisi ini tetap kocak walau Arthur ada juga mengalami keberuntungan.



agen-polisi-212-seluncur-es




Review Komik Agen Polisi 212: Seluncur Es


Agen Polisi 212: Seluncur Es
L'Agent 212 29 - L'Agent 212 Poulet en gelee
Penulis: Raoul Cauvin
Translator: Herry Wijaya
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
2011
ISBN 978-602-394-599-3
46 halaman
Baca di: app Ipusnas


Sinopsis

Juara Seluncur Es - Melihat anak yang bermain seluncur es, Arthur pun ikutan berseluncur dengan berbagai gaya (tampak lumayan mahir). Ketika lompatan di udara, tak disangka es pecah. Kemungkinan karena bobot Arthur yang lumayan. Kini Arthur berakhir di bawah es.


Kejatuhan Salju - Arthur dan Albert menertawakan pria yang kejatuhan salju karena membanting pintu. Tidak lama mereka berdua mengalami hal yang sama, akibat lonceng gereja yang berdentang.


Mencari Penyusup - Kantor polisi mendapatkan laporan kalau ada penyusup yang masuk ke museum perang. Komisaris dan Arthur pergi ke TKP. Komisaris menduga itu pasti ulah dari pencuri dan menyuruh Arthur untuk masuk ke ruang persenjataan kuno, berdasarkan sinyal alarm. 

Di dalam ruangan, Arthur dikejar seseorang yang mengenakan baju besi Charles Le Bold, dan dia tidak diperkenankan membuat cacat baju besi atau barang lain di museum.

Syukur Arthur mampu melarikan diri dan mengunci ruangan. Komisaris memerintahkan untuk mematikan AC. Penyusup pun menyerah.

Namun kejadian penutup sungguh tidak terduga. Apa itu? Baca kisah lengkapnya di Ipusnas.

Jangan Melihat dari Keadaan - Sebuah palu yang dipergunakan oleh pria untuk memaku jendela, tiba-tiba terlepas dari gagangnya dan menyebabkan terlempar ke luar dan mengenai siapa lagi kalau bukan Arthur yang sedang bertugas.

Arthur kemudian sempoyongan dengan kepala benjol. Komisaris yang kebetulan tengah lewat jalan itu menghampirinya dan menyangka dia mabuk-mabukan.

Hulk Manusia Perkasa - Arthur yang tidak sengaja tertabrak oleh mobil, tiba-tiba berubah menjadi Hulk dan mengejar si pengemudi serta mengangkat mobilnya. Di ujung cerita ada plot twist.


Rumah Hantu - Pengunjung di rumah hantu keluar dengan ketakutan, langsung berlarian dan berteriak histeris. Tidak lama datang Komisaris dan Albert untuk menyelidiki ,Komisaris masuk ke dalam rumah hantu dengan naik kereta dan keluar dengan ekspresi ketakutan. 


Akhirnya pemilik rumah hantu masuk dan menemukan penyebabnya. Apakah kalian bisa menebak?


Anak Nakal - Beberapa anak tampak berlarian ketakutan. Melihat itu, Arthur mendekati sumbernya. Scene berikutnya Arthur duduk di dokter langganannya. Apa yang terjadi? 

Rupanya anak-anak itu mengganggu sarang lebah dan mereka kabur tanpa memberitahu Arthur.


Memelihara Buaya - Cerita diawali dengan perdebatan antara suami dan istri. Istri mengeluhkan kapan suaminya akan berakhir memberi makan binatang peliharaannya. Istri sampai memberi ultimatum pilih binatang itu atau dirinya.Tiba-tiba terdengar bunyi kraus.

Malam harinya, Arthur menemui seorang pria yang melaporkan dia melihat monster dengan mata terbelalak melihatnya di semak-semak. Arthur menanggapinya dengan  bercanda mengenai fisik binatang dengan ekor panjang dan seluruh tubuh yang bersisik.

Scene beralih ke pasangan suami istri tadi. Ternyata si pemilik melepaskan binatang itu ke hutan karena tidak tega membunuhnya. Lalu bagaimana kabar Arthur di semak-semak?


Awas: Kejatuhan Batu - Seorang pria melaporkan terjadinya longsoran batu dari tebing dan meminta kepolisian mengirimkan polisi sebelum terjadi kecelakaan lainnya. Bisakah kalian menebak siapa korban longsor batu?


Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya - Seorang anak yang tengah berpartisipasi dalam simulasi peraturan dan lambu lalu lintas untuk anak-anak, menabrak peserta lainnya yang menggunakan motor. Anak perempuan itu mengatakan, dia hanya mengikuti apa yang ibunya ajarkan saat mengalami kejadian seperti itu. Jadi apa yang Ibu itu katakan? 

Hal selanjutnya terjadi pada anak lain yang melanggar rambu lalu lintas. Kira-kira apa ya yang orang tua anak lain ajarkan?


Kerusakan Parah - Seseorang yang memegang mesin gergaji bercerita tentang badai yang terjadi semalam. Apa yang sebenarnya terjadi?


Peti Jenazah - Mobil yang membawa peti jenazah melaju dengan kecepatan tinggi karena terburu-buru. Mobil kehilangan keseimbangan setelah menghindari anjing dan menabrak pohon. Peti jenazah terlempar keluar, menyambar Arthur yang hendak melintas jalan. Peti terus meluncur sampai akhirnya menabrak mobil polisi yang dikendarai Komisaris.


Kehilangan Daya Ingat- Arthur tengah berada di dokter karena masalah menurunnya daya ingat. Dokter mengatakan itu dikarenakan karena Arthur terlalu lama berdiri sehingga darah hanya berada di kaki dan otak kekurangan darah. Dokter menyarankan Arthur untuk melakukan head stand beberapa menit setiap hari. Arthur kemudia mencobanya. Akankah dia berhasil? Bagaimana dengan memori nya?


Kutu Rambut - Arthur tengah menyeberangkan anak-anak sekolah. Salah seorang anak bernama Thomas meminta ijin untuk meminjam topi Arthur. Ibu Thomas yang melihat itu langsung berteriak agar dia mengembalikan topi. Ketika Arthur sudah mengenakan topinya kembali, Ibu menjawab pertanyaan Arthur kalau Thomas sedang menjalani perawatan kutu rambut.


Basah Kuyup - Sebuah pesawat pengangkut air sedang melakukan latihan jika terjadi kebakaran hutan. Dijelaskan sisa air akan dibuang di tempat yang tidak berpenghuni. 

Di tempat lain, Arthur sedang kebelet pipis dan meminta Alfred berhenti dulu. Alfred mengatakan ada WC di tempat berkemah yang sudah tidak beroperasi. Selanjutnya pasti kalian bisa menebak bagaimana.


Selang Air - Arthur menilang mobil pemilik rumah yang tidak memenuhi aturan. Sang pemilik meminta ijin untuk memindahkannya. Namun Arthur bilang sudah terlambat. Tidak lama dia tidak sengaja menyemprotkan air kepada Arthur. Selanjutnya terjadi pertengkaran yang membuat Komisaris dan Albert datang ke TKP.


Terlalu Sempit - Arthur sedang bertugas menjadi polisi lalu lintas. Tiba-tiba dua truk berlawanan arah datang. Arthur melaporkan kalau jalanan ini terlalu sempit untuk dilalui dua truk secara bersamaan. Suara di walkie talkie mengatakan sebaiknya dia menguruskan badan. Yang terjadi kepada Arthur dijamin akan membuat anda ngakak.


Aeromodeling - Seorang anak yang diminta ayahnya untuk mengawasi remote controller aeromodeling, malah menerbangkannya. Arthur berusaha membuat situasi kembali aman terkendali, akibat chaos ini. Berhasilkah Arthur?


Kamera Tersembunyi - Arthur dan kawan-kawan menyembunyikan kamera pengintai lalu lintas di tempat sampah. Apa yang terjadi kemudian?


Kebisingan Tengah Malam - Arthur mendatangi rumah tetangga samping rumah yang membuat kebisingan. Sialnya malah dia yang dilaporkan ke polisi.


Trauma Ringan  - Arthur yang tengah berpatroli mendapati mobil karavan, dimana keluarga itu tengah santai seperti di musim panas padahal cuaca minus 5. Apa yang sebenarnya terjadi?


Mengebut - Mobil polisi tampak mendahului mobil sedan. Ternyata yang mereka lakukan adalah ...


Karakter Utama dalam Cerita

Arthur Delfouille

Agen polisi dengan kode Agen 212 adalah polisi yang baik tapi sering tertimpa kemalangan. Badannya besar dan overweight menurut dokter yang memeriksanya. Partner patrolinya adalah Albert. Dia juga sering ditugaskan untuk menyamar.

Arthur menyukai pertandingan sepak bola dan semangat jika diajak berpartisipasi untuk memakai kostum di pesta tahunan polisi.


Louis Delfouille

Istri Arthur yang seorang ibu rumah tangga. 

Ibu Mertua Arthur

Ibu dari Louis yang menganggap Arthur bodoh dan kerap menyesali mengapa anaknya menikah dengan polisi seperti dia. Menurutnya, bukan salah Arthur karena semua orang lahir tidak dalam kondisi IQ yang sama.

Albert

Teman patroli Arthur. 

Komisaris Raoul

Komisaris polisi yang suka memberikan Arthur hukuman turun menjadi polisi lalu lintas jika terkena hukuman. 


Kiki

Anjing chihuahua yang dibeli Louis untuk melepaskan stres sebagai ibu rumah tangga. Awalnya Arthur malu karena ukuran Kiki yang sangat kecil (seperti Obelix dan Dogmatix) tapi kemudian menjadi sangat dekat ketika Kiki menggigit Ibu Mertua. 

Arthur menjadi sangat dekat dengan Kiki, bahkan menganggapnya seperti anak sendiri. 


Antagonis dalam Cerita

Di buku seri ini tidak ada antagonis yang kerap muncul di cerita.


Konklusi

Komik Agen Polisi 212 Seluncur Es cukup menghibur dan kocak. Cerita yang paling menarik buat saya adalah Basah Kuyup. 


Fakta Tentang Komik Agen Polisi 212

Komik Agen Polisi 212 yang diterbitkan oleh PT Bhuana Ilmu Populer (BIP) berukuran 8,6 x 6,2 inch sejak tahun 2011. 16 edisi pertama pernah diterbitkan dalam ukuran besar 11 x 8,3 inch oleh PT Midas Surya Grafindo (Misurind) - perusahaan percetakan yang sudah tidak ada lagi sekarang.



  

  

Fakta Tentang Raoul Cauvin


Raoul Caouvin adalah penulis komik humor yang populer. Dia dilahirkan pada tanggal 26 September 1938 di Belgia. Dia bekerja di Dupuis sejak tahun 1960, menuliskan banyak komik dan banyak memenangkan penghargaan.




...
Nah setelah membaca review ini, apakah kalian juga tertarik membacanya? 
Happy reading!


xoxo

Baca juga: Edisi lain dari Agen Polisi 212

Referensi

Profil Raoul Cauvin, Wikipedia
Agent 212, Wikipedia.


0 Comentarios