Review Komik Agen Polisi 212: Trauma Polisi #16

      

Komik Agen Polisi 212 Trauma Polisi adalah seri ke-16 dari komik Agen Polisi 212 yang ditulis oleh Raoul Cauvin. 


Satu Kalimat tentang Trauma Polisi, Agen Polisi 212

Schadenfreude, kita tertawa membaca kemalangan Arthur di seri kali ini.


agen-polisi-212-trauma polisi







Review Komik Agen Polisi 212: Trauma Polisi


Agen Polisi 212: Trauma Polisi
L'Agent 212 16 - Fiic ... aie!
Penulis: Raoul Cauvin
Translator: Herry Wijaya
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
2010
ISBN13 978-602-394-577-1 
46 halaman
Baca di: Ipusnas


Sinopsis

Patroli Bersama Babi - Ketika Arthur dan Albert sedang berpatroli di jalanan, mereka melihat mobil di depan yang jalannya zigzag. Setelah diperiksa, ternyata si pengemudi mobil membawa babi yang bernama Madeline dan anak-anaknya karena di daerahnya sedang ada wabah brucellosis. 

Dia tidak menggunakan mobil khusus pengangkut binatang karena sedang rusak. Akhirnya si babi diangkut ke mobil polisi dan mereka mengikuti mobil si pengemudi tadi. Sialnya di jalan mereka bertemu dengan Komisaris yang mobilnya mogok. 

Bagaimana kelanjutan nasib mereka dan si babi?

Boneka Tangan - Komisaris membahas artikel di koran tentang Bob Gerary, polisi di San Francisco yang berusaha mendapatkan izin patroli bersama boneka tangannya. Dia mendukung penolakan ijin, karena menurutnya itu adalah hal bodoh. Dia berharap tidak ada anak buahnya yang melakukan serupa. 

Namun, Arthur ternyata bepatroli di jalan dengan boneka "mini me" nya. Lalu apakah dia akan ketahuan komisaris?

Misi Rahasia - Arthur sedang dalam misi penyamaran untuk menangkap Franckie, pengedar narkotika asal Rusia. Kali ini dia menjadi gelandangan, walau bobot tubuhnya 120 kg. Dia dipasangi alat komunikasi di telinganya.Setiap kali melihat penyimpangan lalu lintas, dia lupa kalau dia sedang menyamar. Mampukah dia menangkap Franckie?

Kebisingan Malam Hari - Arthur dan Albert mendatangi bapak yang komplain tetangga di atas apartemennya yang membuat kegaduhan. Ternyata itu adalah biksu yang sedang bermeditasi melayang di udara. Lalu darimana datangnya kegaduhan?

Salah Tangkap - Ada seorang Ibu yang dicopet ketika Arthur sedang bertugas. Arthur bergegas mengejar pencopet. Si ibu terus saja berteriak, sehingga sejumlah massa ikut mengejar. Namun, mereka mengejar Arthur dan bukannya copet. Arthur berakhir di atas tandu dengan muka babak belur.

Tes Alkohol - Arthur dan Albert tengah melakukan tes alkohol bagi pengemudi yang ternyata melebihi 1 mg dari batas yang ditentukan. Si pengemudi minta dibebaskan karena dia masih sadar. Dari belakang tiba-tiba muncul pengemudi lain yang tertidur. Bagaimana nasib kedua pengemudi?

Siaga di Malam Natal - Seorang anak kecil tertangkap mencopet. Sepanjang jalan Arthur bertanya kepada anak itu. Ternyata kehidupan anak itu menyedihkan. Arthur dan teman-temannya berniat memberikan malam natal yang indah bagi anak itu dan adiknya.

Pura-pura Buta - Seorang pria pura-pura buta agar bisa parkir di tempat yang tidak diperbolehkan. Apa yang akan Arthur lakukan?

Trauma Polisi - Seorang anak laki-laki tiba-tiba menginjak keras kaki Arthur. Ibunya menjelaskan dia marah karena kemarin ayahnya ditangkap polisi atas tuduhan pencurian. Anak itu kemudian menginjak kaki Albert yang berpapasan dengannya. Arthur dan Albert sepakat melakukan sesuatu untuk anak itu dan membawanya menghadap Komisaris. Bagaimana kelanjutannya?

Hilang Bukti - Arthur dan Albert memberhentikan truk yang mengangkut burung eksotis. Sopir diminta membuka pintu belakang mobil. Loh kemana barang buktinya?

Korslet - Arthur dan Albert sedang berada di daerah pedesaan, dimana terdapat laporan sudah 3 lumbung yang terbakar dalam satu bulan. Mereka ditugaskan untuk menangkap si tukang bakar. Mampukah mereka menangkap pelakunya?

Dirundung Kemalangan - Seorang dokter menebak-nebak kira-kira kenapa lagi dengan pasiennya ini. Siapa yang dimaksud dokter?

Keringat Dingin - Arthur dan Komisaris mendatangi rumah yang melaporkan ada ular di rumahnya. Ketika sedang mencari ke sekeliling rumah, Arthur mencari di bawah lemari dan tiba-tiba ada sesuatu yang masuk melalui lengan tangannya. Selamatkah Arthur dari binatang itu?

Belajar Naik Motor - Arthur sedang belajar naik motor agar bisa lulus ujian SIM.

Tetimbun Dekat Bom - Seorang penggali melaporkan kepada Arthur dan Albert. kalau alat penggalinya membentur sesuatu. Arthur berusaha menggali, dan tiba-tiba gundukan tanah di atasnya jatuh. Arthur kini tertimbun dekat bom. Bagaimana nasib Arthur?

Pemeriksaan Polisi - Arthur menjelaskan sambil mencontohkan tiga jenis pemeriksaan polisi.

Karakter Utama dalam Cerita

Arthur Delfouille

Agen polisi dengan kode Agen 212 adalah polisi yang baik tapi sering tertimpa kemalangan. Badannya besar dan overweight menurut dokter yang memeriksanya. Partner patrolinya adalah Albert. Dia juga sering ditugaskan untuk menyamar.

Arthur menyukai pertandingan sepak bola dan semangat jika diajak berpartisipasi untuk memakai kostum di pesta tahunan polisi.


Louis Delfouille

Istri Arthur yang seorang ibu rumah tangga. 

Ibu Mertua Arthur

Ibu dari Louis yang menganggap Arthur bodoh dan kerap menyesali mengapa anaknya menikah dengan polisi seperti dia. Menurutnya, bukan salah Arthur karena semua orang lahir tidak dalam kondisi IQ yang sama.

Albert

Teman patroli Arthur. 

Komisaris Raoul

Komisaris polisi yang suka memberikan Arthur hukuman turun menjadi polisi lalu lintas jika terkena hukuman. 


Kiki

Anjing chihuahua yang dibeli Louis untuk melepaskan stres sebagai ibu rumah tangga. Awalnya Arthur malu karena ukuran Kiki yang sangat kecil (seperti Obelix dan Dogmatix) tapi kemudian menjadi sangat dekat ketika Kiki menggigit Ibu Mertua. 

Arthur menjadi sangat dekat dengan Kiki, bahkan menganggapnya seperti anak sendiri. 


Antagonis dalam Cerita

Di buku seri ini tidak ada antagonis yang kerap muncul di cerita.


Konklusi

Komik Agen Polisi 212 Trauma Polisi punya lebih banyak cerita yang panjang dan seperti biasa kemalangan menghampiri Arthur. Cerita favorit buat saya disini adalah Misi Rahasia dan Kebisingan Malam Hari


Fakta Tentang Komik Agen Polisi 212

Komik Agen Polisi 212 yang diterbitkan oleh PT Bhuana Ilmu Populer (BIP) berukuran 8,6 x 6,2 inch sejak tahun 2011. 16 edisi pertama pernah diterbitkan dalam ukuran besar 11 x 8,3 inch oleh PT Midas Surya Grafindo (Misurind) - perusahaan percetakan yang sudah tidak ada lagi sekarang.



  

  

Fakta Tentang Raoul Cauvin


Raoul Caouvin adalah penulis komik humor yang populer. Dia dilahirkan pada tanggal 26 September 1938 di Belgia. Dia bekerja di Dupuis sejak tahun 1960, menuliskan banyak komik dan banyak memenangkan penghargaan.




...
Nah setelah membaca review ini, apakah kalian juga tertarik membacanya? 
Happy reading!


xoxo

Baca juga: Edisi lain dari Agen Polisi 212

Referensi

Profil Raoul Cauvin, Wikipedia
Agent 212, Wikipedia.


2 Comentarios

  1. Polisi 212, apakah ada hubungannya dengan gerakan Islam Politik di Indonesia, mbak? 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh nggak ada atuh.
      Btw makasih ya sudah mampir

      Hapus