Review Komik Agen Polisi 212 - Atas Nama Hukum #02

         

Komik Agen Polisi 212 Atas Nama Hukum adalah seri ke-2 dari komik Agen Polisi 212 yang ditulis oleh Raoul Cauvin. 


Satu Kalimat tentang Atas Nama Hukum, Agen Polisi 212

Terkadang hal-hal kecil seperti membaca komik lucu seperti ini yang membuat orang senang.



agen-polisi-212-atas-nama-hukum





Review Komik Agen Polisi 212: Atas Nama Hukum


Agen Polisi 212: Atas Nama Hukum
L'Agent 212 29 - L'Agent 212 Au nom de la loi
Penulis: Raoul Cauvin
Translator: Herry Wijaya
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
2011
47 halaman
Baca di: app Ipusnas


Sinopsis

Remuk Redam - Sebuah mobil sedan tersenggol truk dan jatuh dari jembatan. Sesudah itu tertabrak kereta api. Bangkai mobil itu ditemukan seorang pengemudi buldozer (?). Arthur ke tempat TKP dan meminta mobil derek mengangkut mobil itu dan mengirimnya ke tempat pembuangan mobil. Apa yang terjadi dengan pengemudi mobil sedan?


Ada Triknya - Arthur diajarkan oleh Felix, trik  untuk mengurangi biaya laundry yang jika dihitung lebih mahal dibandingkan membeli baju seragam yang baru. Berhasilkah dia mencoba trik itu?


Cerita Horor - Arthur diminta oleh Komisaris untuk berjaga di kamar mayat sampai kedatangan keluarga korban yang mayatnya ditemukan di kanal malam itu. Awalnya Arthur cekikikan, namun lama-lama dia menjadi paranoid. Apa yang selanjutnya terjadi?


Tukar Nasib - Komisaris meminta Arthur untuk menemani juru sita, mengusir seorang pria dari rumahnya. Berhasilkah Arthur? Bagaimana nasib pria itu?

Sinterklas - Arthur tengah bertugas di malam Natal ketika dia bertemu Sinterklas di genteng orang. Sinterklas meminta Arthur untuk membacakan list permintaan. Selesai bertugas, Sinterklas pergi dijemput Rudolf, rusa terbangnya.

Apa yang terjadi dengan Arthur sesudah Sinterklas pergi?

Pelit - Louis memanggil tukang reparasi untuk memperbaiki TV mereka. Arthur punya trik agar mereka tidak membayar tagihan perbaikan.

Mati Ketawa - Arthur ditugaskan untuk mengatur lalu lintas di depan prosesi pemakaman Baron Jean de Birmingham. Arthur diperingatkan oleh Komisaris kalau pemakaman ini serius.

Arthur berjalan di depan dikutii iringan keluarga yang berjalan kaki dan mobil yang membawa peti jenazah. Di tengah jalan, Arthur menemukan uang 100 ribu di atas trotoar. Ketika Arthur membungkuk mengambilnya, celanaya sobek dan semua orang di belakangnya cekikikan.

Apa yang akan Arthur lakukan?


Jangan Macam-macam Sama Istri Polisi - Seorang polisi baru di kantor Arthur menilang istrinya, saat menjemput Arthur. Louis, istri Arthur hendak memberikan ganjaran kepada polisi itu. Apa yang akan diperbuatnya? Akankah Louis berhasil membuat polisi baru itu membatalkan surat tilangnya?


Cobaan di Pengadilan - Hubert Castagniette, seorang kriminal abad ini tengah diadili atas 26 pembunuhan. Pengacara terdakwa memberikan pembelaan, yang kemudian menyinggung Arthur yang bertugas menjaga si kriminal. Akibatnya Arthur bertindak di luar kendali di pengadilan. Bagaimana nasib selanjutnya?


Kerangka Ini Milik Siapa? - Seorang pria menghampiri Arthur yang sedang bertugas. Dia melaporkan telah menemukan kerangka di pemanas. Pria itu mengatakan istri dan anaknya tengah berada di rumah mertua. 

Komisaris datang ke TKP. Di tengah penyelidikan, Maurice-teman anak pria itu datang untuk mencari anak si pria dan mengenali kerangka yang bernama Fabien. Lalu siapakah Fabien sebenarnya?


Pesta Sampah - Seorang pemabuk diam di dalam tong sampah dan menolak untuk keluar. Arthur berusaha membujuk dan mengeluarkannya, namun tidak berhasil. Ketika Arthur menelpon meminta bantuan, sebuah truk sampah datang dan memasukan tong sampah ke dalam truk. 

Dia kemudian diminta Arthur untuk mengosongkan isi truk yang penuh dengan sampah, karena Arthur pikir si pemabuk ada di dalamnya. Yang Arthur tidak ketahui adalah, si pemabuk sebenarnya sudah keluar dari tong sampah ketika Arthur sedang menelpon.


Hidup Liburan - Louis dan Arthur pergi berlibur ke desa tidak berpenduduk. Arthur mengatakan dia hanya membawa peluit dan notes saja, dengan alasan sulit untuk berhenti mendadak dari kegiatan yang dilakukannya sepanjang tahun.Louis meminta Arthur melupakannya sejenak.

Harapan Arthur terkabul ketika sebuah truk susu datang dan turis lain berlomba.


Brigade Anti Copet - Seorang pria tua melaporkan kalau dia lagi-lagi kecopetan yang ke-97 kali. Komisaris meminta Arthur untuk menyamar.

Arthur pergi menyamar, dan beberapa kali kecopetan. Dia pun mencoba berbagai cara. Sayang, setelah seharian pergi menyamar ternyata si pencopet sudah ditangkap yang lain. 

Sial, Komisari dan Arthur terkena jebakan yang Arthur pasang di dompet yang terakhir.


Karakter Utama dalam Cerita

Arthur Delfouille

Agen polisi dengan kode Agen 212 adalah polisi yang baik tapi sering tertimpa kemalangan. Badannya besar dan overweight menurut dokter yang memeriksanya. Partner patrolinya adalah Albert. Dia juga sering ditugaskan untuk menyamar.

Arthur menyukai pertandingan sepak bola dan semangat jika diajak berpartisipasi untuk memakai kostum di pesta tahunan polisi.


Louis Delfouille

Istri Arthur yang seorang ibu rumah tangga. 

Ibu Mertua Arthur

Ibu dari Louis yang menganggap Arthur bodoh dan kerap menyesali mengapa anaknya menikah dengan polisi seperti dia. Menurutnya, bukan salah Arthur karena semua orang lahir tidak dalam kondisi IQ yang sama.

Albert

Teman patroli Arthur. 

Komisaris Raoul

Komisaris polisi yang suka memberikan Arthur hukuman turun menjadi polisi lalu lintas jika terkena hukuman. 


Kiki

Anjing chihuahua yang dibeli Louis untuk melepaskan stres sebagai ibu rumah tangga. Awalnya Arthur malu karena ukuran Kiki yang sangat kecil (seperti Obelix dan Dogmatix) tapi kemudian menjadi sangat dekat ketika Kiki menggigit Ibu Mertua. 

Arthur menjadi sangat dekat dengan Kiki, bahkan menganggapnya seperti anak sendiri. 


Antagonis dalam Cerita

Karakter Antagonis yang kerap muncul di dalam komik.

Pria pemabuk dengan kostum seperti orang pulang dari pesta. Selalu menyulitkan polisi dan tidak pernah ingat siapa dirinya.

Pencuri yang bisa membodohi Arthur.


Konklusi

Saya masih ingat ketika membaca komik ini di tahun 90 an yang masih dicetak oleh PT. Misurind. Awalnya satu edisi, kemudian membeli yang selanjutnya karena ceritanya yang lucu dan tidak membosankan untuk dibaca berulang kali. 

Dibandingkan edisi yang lainnya,  komik Agen Polisi 212 Atas Nama Hukum punya banyak cerita yang lebih panjang. Di edisi ini juga diperkenalkan tokoh Antagonis seperti si Pemabuk dan Pencopet yang akan muncul di edisi ke depannya.

Star: 4

Buku ke-55 di tahun 2021


Fakta Tentang Komik Agen Polisi 212

Komik Agen Polisi 212 yang diterbitkan oleh PT Bhuana Ilmu Populer (BIP) berukuran 8,6 x 6,2 inch sejak tahun 2011. 16 edisi pertama pernah diterbitkan dalam ukuran besar 11 x 8,3 inch oleh PT Midas Surya Grafindo (Misurind) - perusahaan percetakan yang sudah tidak ada lagi sekarang.



  

  

Fakta Tentang Raoul Cauvin


Raoul Caouvin adalah penulis komik humor yang populer. Dia dilahirkan pada tanggal 26 September 1938 di Belgia. Dia bekerja di Dupuis sejak tahun 1960, menuliskan banyak komik dan banyak memenangkan penghargaan.




...
Nah setelah membaca review ini, apakah kalian juga tertarik membacanya? 
Happy reading!


xoxo

Baca juga: Edisi lain dari Agen Polisi 212

Referensi

Profil Raoul Cauvin, Wikipedia
Agent 212, Wikipedia.


0 Comentarios